12 Juni 2019 09:56

Perpanjangan Pengumuman Tender "Preparation Of National Tourism Human Resource Development"

Dengan hormat,

Pemerintah Republik Indonesia c.q Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Bank Dunia melaksanakan program pembangunan pariwisata secara terintegrasi dan berkelanjutan di 3 (tiga) destinasi wisata prioritas, yaitu:

  1. Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara;
  2. Borobudur-Yogyakarta-Prambanan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta; dan
  3. Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Program Pembangunan Pariwisata dituangkan dalam Integrated Infrastructure Development for National Tourism Strategic Areas (Indonesia Tourism Development Project, ITDP). ITDP bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta akses terhadap pelayanan dan infrastruktur dasar yang berkaitan dengan pariwisata, memperkuat keterkaitan perekonomian lokal dengan pariwisata dan mendorong investasi swasta di wilayah destinasi wisata prioritas. ITDP dimulai dengan penyusunan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) yang merupakan rancangan pembagunan di 3 (tiga) destinasi yang akan dikembangkan. ITMP disiapkan untuk meningkatkan kualitas dan akses ke infrastruktur dan layanan dasar yang relevan dengan pariwisata, memperkuat hubungan ekonomi lokal dengan pariwisata dan menarik investasi swasta di tujuan pariwisata. Selain pembangunan fisik, yang tidak kalah penting adalah pembangunan non fisik dalam hal ini kualitas SDM.

Sehubungan dengan hal tersebut Pokja Pengadaan Barang dan Jasa ULP Kementerian Pariwisata, akan melaksanakan tender kegiatan Preparation Of National Tourism Human Resource Development dengan lingkup pekerjaan meliputi persiapan strategi pengembangan sumber daya manusia pariwisata untuk mendukung, memperkuat, dan memfasilitasi proses perencanaan induk pariwisata terpadu yang inklusif untuk Lombok, Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, dan Danau Toba. Proyek ini akan berlangsung selama 5 bulan dari Bulan Juli - Desember 2019.

Proses pelelangan akan menggunakan pedoman dari Bank Dunia yang mengacu pada Guidelines: Selection and Employment of Consultants under IBRD Loans and IDA Credits & Grants by World Bank Borrowers dated July 2014dengan metode Consultant Qualification Selection (CQS).

Dikarenakan libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H, dengan ini kami memperpanjang Pengumuman Prakualifikasi lelang Jasa Konsultansi pekerjaan Preparation Of National Tourism Human Resource Development sampai dengan tanggal 19 Juni 2019.

Informasi lebih lanjut dapat diunduh pada lampiran di bawah.

Attachment: